Pelatihan K3 Terbaik Di Indonesia | PT Mandiri Maha Daya
SHARE :

Tips Merawat Sepatu Safety Agar Awet

15
11/2019
Kategori : Artikel Terbaru
Komentar : 0 komentar
Author : marketingmmd


Tips merawat Sepatu Safety Agar Awet Sepatu Safety atau sepatu pelindung merupakan salah satu Alat pelindung diri (APD) yang sangat penting karena Sepatu Safety berfungsi sebagai pelindung kaki dari benturan atau tertimpa benda berat,tertusuk benda tajam,terkena cairan panas atau dingin,uap panas bahan kimia berbahaya ataupun permukaan licin.

Sepatu Pelindung yang Populer di Indonesia

Di indonesia banyak sekali beredar Sepatu pelindung,berdasarkan pencarian google sepatu pelindung yang popular adalah sepatu safety king dan sepatu safety Krisbow serta sepatu dari Dr.Osha Safetyshoe.com,Sepatu pelindung akan awet dan bertahan lama apabila anda merawatnya dengan baik.Jika anda merawat sepatu dengan cara yang tidak benar sepatu anda tidak akan bertahan lama. Banyak para user/pemakai sepatu pelindung tidak mengetahui cara merawat sepatu pelindung dengan baik, Akibatnya sepatu safety akan cepat rusak sebelum waktunya.

Cara Merawatnya

Berikut ini merupakan Tips merawat sepatu safety agar awet yang kami kutip dari safetyshoe.com

  1. Simpanlah sepatu pelindung dengan suhu yang kering. Sepatu pelindung terbuat dari bahan kulit yang berakibat akan membuat sepatu berjamur jika di simpan di tempat yang lembab. Selain itu anda juga bisa menyimpan sepatu pada suhu yang sedang, suhu sedang bertujuan agar sepatu tidak cepat rusak karena pemanasan suhu. Seperti di taruh di bawah sinar matahari.
  2. Selalu rutin untuk mencuci dan menyemir sepatu pelindung Anda. Jika sepatu anda jarang anda suci dan di semir akan membuat sepatu jadi kotor dan dekil. Sepatu akan menjadi cepat rusak jika terlalu lama dalam keadaan kotor karena kuman-kuman yang ada di sepatu akan menggerogoti kulit sepatu safety anda, Selain itu juga tidak membuat anda nyaman saat bekerja karena sepatu yang kotor.
  3. Cucilah sepatu dengan bahan-bahan kimia yang tidak terlalu keras. Gunakan deterjen dengan bahan yang keras. Cucilah sepatu dengan bahan yang tidak terlalu keras. Jika anda mencuci dengan deterjen ataupun sabun yang mempunyai bahan kimia yang keras akan membuat bahan pewarna pada kulit sepatu menjadi luntur.
  4. Gunakan pembersih khusus sepatu. Jika sepatu safety anda berjamur semprotlah sepatu safety anda dengan pembersih khusus. Atau anda bisa membersihkan dengan air bersih lalu gosok dengan sikat yang lembut seperti sikat gigi, lakukan secara perlahan. Kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mengeringkan jangan di keringkan langsung dibawah sinar matahari. Gunakanlah kipas angina untuk mengeringkannya.
  5. Jangan menjemur sepatu dengan suhu panas berlebihan. Jemurlah sepatu Jika sepatu sudah terlalu kotor anda boleh membersihkannya dengan cara di atas, namun saat menjemur sepatu anda harus perhatikan saat menjemurnya. Jika ingin menjemur di bawah sinar matahari antara jam 7 sampai jam 11 siang. Jangan terlalu lama saat menjemur sepatu karena jika terlalu lama bahan karet pada sepatu anda akan meleleh atau akan lembek.
  6. Jangan biasakan memakai sepatu pelindung dalam keadaan basah. Jika memakai sepatu pelindung dalam kaki basah akan menyebabkan dban atau penyebaran bakteri secara cepat. Jika bakteri sudah menyebar maka sepatu akan cepat bau dan dapat menyebarkan penyakit.
  7. Baiknya anda gunakan semprotan khusus untuk sepatu seperti (shoes spray). Cara menggunakannya yaitu semprotkan di seleruh bagian dalam dan luar sepatu lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit agar zat pada shoes spray melekat, lalu anda bisa gunakan sepatu safety anda dengan kondisi nyaman dan wangi.

Kesimpulan

Merawat Sepatu pelindung berbeda dengan merawat sepatu biasa karena fungsi dan pemakaian yang berbeda,maka dari itu Anda yang memiliki Sepatu pelindung harus memiliki perwatan Ekstra supaya sepatu pelindung yang anda miliki awet dan tidak rusak sebelum waktunya.

Sumber : https://www.safetyshoe.com/

Berita Lainnya

19
06/2020
Jasa Pelatihan Bekerja di Ketinggian
Author : marketingmmd
19
06/2020
8
06/2020
Jasa Pelatihan K3 U
Author : marketingmmd
8
06/2020
8
06/2020


Tinggalkan Komentar