Pelatihan K3 Terbaik Di Indonesia | PT Mandiri Maha Daya
SHARE :

Sertifikasi K3 Umum

6
04/2020
Kategori : Artikel Terbaru / Ahli K3 Konstruksi / Ahli K3 Umum / Jasa Pelatihan
Komentar : 0 komentar
Author : marketingmmd


Sertifikasi K3 Umum

Sertifikasi K3 Umum – Dalam dunia kerja, perusahaan di haruskan untuk menerapkan persyaratan K3 untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit yang timbul akibat pekerjaan. Berangkat dari masalah ini, pemerintah akhirnya membuat suatu program penunjukan ahli K3 umum yang menjadi tangan panjang pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap pekerjaan supaya berjalan sesuai Undang-Undang yang berlaku. Masalahnya, tak sembarang orang bisa menjadi ahli K3 umum. Calon ahli K3 umum harus mengikuti Sertifikasi K3 Umum untuk mengukur sejauh apa tingkat kompetensinya di bidang K3. Setelah sertifikasi usai, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat K3 umum sebagai bukti telah lolos pengujian.

Siapa yang Mengeluarkan Sertifikasi Ahli K3 Umum?

Setidaknya ada tiga lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat K3 umum, yaitu BNSP, LSP, dan Kemnaker. Untuk LSP, sertifikat K3 umumnya sama dengan BNSP karena LSP berada di bawah naungan BNSP. Bagi yang belum tahu pasti bertanya-tanya, apa bedanya sertifikat K3 umum dari BNSP dan Kemnaker?

Yang pertama dari segi persyaratan. Bila Anda mengikuti sertifikasi K3 Kemnaker, syarat penting yang harus Anda penuhi yaitu:

  • Sarjana dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang keahliannya
  • sarjana muda yang memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun di bidang keahliannya.

Sertifikasi K3 Umum Kemnaker RI adalah program Kementerian Ketenagakerjaan (KEMNAKER) untuk mempersiapkan ahli K3 di perusahaan yang dapat membantu mengembangkan K3 di perusahaan. Sertifikasi K3 Umum merupakan bentuk seleksi atau penilaian khusus bagi seseorang atau tenaga teknis tertentu yang berminat menjadi ahli K3 sebagaimana di maksud dalam UU 1 tahun 1970 dan peraturan pelaksanaannya.
Waktu pelaksanaan Training Ahli K3 Umum sekurang-kurangnya adalah 120 jam pelajaran atau selama 12 hari efektif.

Tujuan Program Sertifikasi K3 Umum

Setelah menyelesaikan program training ahli k3 umum ini, peserta Training Ahli K3 Umum di harapkan mampu :

  • Menjelaskan tugas, wewenang dan tanggung jawab Ahli K3
  • Menjelaskan hak pekerja dalam bidang K3
  • Menjelaskan kepada pengusaha bahwa upaya K3 menguntungkan bagi perusahaan
  • Menjelaskan tujuan sistem manajemen K3 (SMK3)
  • Menjelaskan sistem pelaporan kecelakaan
  • Menganalisa kasus kecelakaan, mengetahui faktor penyebabnya dan dapat menyiapkan laporan kecelakaan kepada pihak terkait.
  • Mengenal P2K3, tugas, tanggung jawab dan wewenang organisasi ini
  • Mengenal pembinaan dan pengawasan K3 di tingkat perusahaan, Nasional dan Internasional
  • Mengidentifikasi obyek pengawasan K3
  • Mengetahui persyaratan dan pemenuhan terhadap peraturan perundangan di tempat kerja.
  • Mengetahui persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja
  • Mengetahui proses audit dan ruang lingkupnya untuk mengukur tingkat pencapaian

Persyaratan Peserta Sertifikasi K3 Umum

Calon peserta Training Ahli K3 Umum adalah mahasiswa tingkat akhir (minimal semester 7), fresh graduate, dan praktisi dengan pendidikan minimal D3.

Manfaat Mengikuti Sertifikasi K3 Umum

Untuk mendapatkan sertifikat K3, Anda tentu harus mengikuti sertifikasi yang digelar selama beberapa hari. Melalui acara ini Anda juga bisa belajar bagaimana cara mengurangi angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja, membantu Anda memahami situasi di lingkungan kerja, hingga meningkatkan citra positif perusahaan serta memberikan kepercayaan kepada klien perusahaan. Sebab kami sebagai salah satu Jasa Pelatihan K3 Umum berharap peserta mampu menjelaskan hak pekerja dalam bidang K3 dan Juga mampu menjelaskan Tugas, Wewenang dan juga tanggung jawab Ahli K3. Hal ini sangat penting untuk membantu proses jalannya pengawasan pelaksanaan sebab saat ini banyak perusahaan yang harus aware terhadap kesehatan dan keselamatan kerja, di indonesia sendiri peraturan untuk setiap perusahaan sudah di atur dalam Permenaker No.2 Tahun 1992 mengenai data cara penunjukan K3 Umum. Maka dari itu untuk menjadi seorang Ahli K3 Umum anda harus memiliki Hardskill dan Softskill yang sudah tersertifikasi dengan di buktikan oleh sertifikat K3 dan SKP Ahli K3 Umum yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti Training di PT. Mandiri Maha Daya Selaku PJK3 Resmi.

Untuk Informasi Lebih Lengkap Mengenai Sertifikasi K3 Umum dan Juga Mengenai Biaya Pelatihan Ahli K3 Umum, Maka anda bisa langsung menghubungi Tim Marketing kami atau anda juga dapat Mengisi Formulir Pendaftaran di Sini.

Berita Lainnya

19
06/2020
Jasa Pelatihan Bekerja di Ketinggian
Author : marketingmmd
19
06/2020
8
06/2020
Jasa Pelatihan K3 U
Author : marketingmmd
8
06/2020
8
06/2020


Tinggalkan Komentar