Pelatihan K3 Terbaik Di Indonesia | PT Mandiri Maha Daya
SHARE :

Pentingnya Helm Safety Sebagai Alat Keselamatan Kerja

19
11/2019
Kategori : Artikel Terbaru / Jasa Konsultasi / Sertifikasi Kemnaker
Komentar : 0 komentar
Author : marketingmmd


Helm Safety

Pentingnya Helm Safety Sebagai Alat Keselamatan Kerja – Pada dasarnya alat pelindung diri merupakan alat atau perlengkapan yang wajib digunakan untuk melindungi dan menjaga keselamatan pekerja pada saat melakukan pekerjaan yang mempunyai potensi bahaya atau resiko kecelakaan kerja. Alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan sesuai dengan potensi bahaya, sehingga efektif untuk melindungi pekerja sebagai penggunanya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan kepada anda mengenai alat pelindung diri (APD) Helm Safety pada penerapan K3.

Pengertian Helm Safety

Safety Helmet merupakan perlindungan kepala dari benda yang bias mengenai kepala secara langsung dan menyerap Shock pukulan dari material yang cukup keras. berikut Ciri-ciri dari Safety Helmet yang kami kutip dari google.com, yaitu :

  • Helm harus terdiri dari tempurung keras dengan permukaan yang halus.
  • Lapisan peredam benturan dan tali pengikat ke dagu.
  • Tinggi helm sekurang-kurangnya 114 milimeter diukur dari puncak helm ke bidang utama yaitu bidang horizontal yang mempunyai lubang telinga dan bagian bawah dari dudukan bola mata.
  • Tempurung terbuat dari bahan yang keras, sama tebal dan homogeny kemampuannya, tidak menyatu dengan perlindungan muka dan mata serta tidak boleh mempunyai penguatan setempat.
  • Tali pengikat dagu lebarnya minimum 20 milimeter dan harus benar-benar berfungsi sebagai pengikat helm ketika dikenakan di kepala dan dilengkapi dengan penutup telinga dan tengkuk.
  • Peredam benturan terdiri dari lapisan peredam kejut yang dipasang pada permukaan bagian dalam tempurung dengan tebal sekurang-kurangnya 10 milimeter dan jaring helm atau konstruksi lain yang berfungsi seperti jaring helm.
  • Helm yang harus dilengkapi dengan pelindung telinga, penutup leher, pet yang bias dipindahkan, tameng atau tutup dagu.
  • Helm tidak boleh mempengaruhi fungsi aura dari pengguna terhadap suatu bahaya. Lubang ventilasi dipasang pada tempurung sedemikian rupa sehingga bias mempertahankan temperaturnya pada ruang antara kepala dan tempurung.

Helm harus bias dipertahankan di atas kepala pengguna dengan kuat melalui atau menggunakan tali dengan cara mengaitkan dibawah dagu atau melewati tali pemegang dibawah dagu yang di hubungkan dengan tempurung.

Hal-hal yang Perlu Dihindari Saat Merawat Helm Safety :

  • Tidak boleh menulis atau menggambar dengan tipe-x, spidol, cat.
  • Tidak boleh mencuci atau membersihkan dengan bahan kimia berbahaya.
  • Hindari Safety Helmet dari paparan sinar matahari secara langsung pada saat penyimpanan.
  • Penempelan seal tape yang terlarang.

Kesimpulan

Alat pelindung diri adalah Tools wajib ketika anda bekerja di indoor maupun outdoor terutama anda yang bekerja dalam konstruksi bangunan maupun yang memiliki potensi resiko kejatuhan benda, Salah satu APD wajib adalah Helm Safety yang wajib anda gunakan.

Keep Safety!!

Berita Lainnya

19
06/2020
Jasa Pelatihan Bekerja di Ketinggian
Author : marketingmmd
19
06/2020
8
06/2020
Jasa Pelatihan K3 U
Author : marketingmmd
8
06/2020
8
06/2020


Tinggalkan Komentar