Alat Pelindung Jatuh Perorangan

5/5 - (1 vote)

 

Perangkat pelindung jatuh terdiri dari dua jenis, yaitu perangkat pencegah jatuh dan perangkat penahan jatuh. Masing – masing jenis alat pelindung jatuh dibagi lagi berdasarkan banyaknya pengguna menjadi kolektif.

Jenis alat pelindung jatuh perorangan terdiri dari sabuk pengaman tubuh (harness), karabiner, tali koneksi (lanyard), tali pengaman (safety rope), alat penjepit tali (rope clamp), alat penurun (decender), alat penahan jatuh bergerak (mobile fall arrester) dll.

Salah satu bentuk implementasi K3 adalah penyediaan dan penggunaan alat pelindung K3 atau alat pelindung diri (APD). Sebagaimana yang tertuang dalam pasal 1 nomer 1 Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 8 tahun 2010, yang dimaksud dengan alat pelindung diri adalah seperangkat alat yang mempu melindungi individu dengan cara menutup sebagian atau seluruh tubuh sehingga terhindar dari bahaya di tempat kerja.

Alat Pelindung Jatuh Perorangan

Alat pelindung jatuh perorangan berfungsi membatasi gerak pekerja agar tidak masuk ke tempat yang mempunyai potensi jatuh atau menjaga pekerja berada pada posisi kerja yang diinginkan dalam keadaan miring maupun tergantung dan menahan serta membatasi pekerja jatuh sehingga tidak membentur lantai dasar.

Daftar Pelatihan TKBT 2 di sini

Perangkat pencegah jatuh adalah suatu rangkaian yang berfungsi untuk mencegah potensi jatuh, sedangkan perangkat penahan jatuh untuk mengurangi dapat jatuh.

Alat pelindung K3 adalah alat yang mengisolasi sebagian atau seluruh bagian tubuh dari potensi bahaya. Jika dijabarkan lebih rinci, maka tujuan dari penggunaan APD antara lain sebagai berikut.

  1. Melindungi tenaga kerja dari potensi risiko bahaya K3
  2. Meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja
  3. Menciptakan lingkungan kerja yang aman

 

Alat Pelindung Jatuh Perorangan

 

Perlu diketahui 8 komponen wajib yag digunakan untuk perlengkapan sisten perlindugan bahaya jatuh, sebagai berikut :

Safety Belt

Adalah salah satu alat pelindung jatuh yang kerap dipakai oleh pekerja yang bekerja di ketinggian. Alat ini mempunyai fungsi yang sama dengan alat Full Body Harness, akan tetapi Safety Belt Hanya dikaitkan ke bagian pinggang pekerja saa serta bagia lanyard dikaitkan ke anchor.

Pemakaian Safety Belt sebagai alat pelindung jatuh harus mempertimbangkan bahwa sebaiknya alat safety Belt tidak dipergunakan untuk pekerjaan yang memungkinkan pekerja bisa terjatuh dari ketinggian, sebab jika pekerja terjatuh maka pekerja tersebut masih bisa mengalami cedera di bagian pinggang ataupun bagian tulang belakangnya meskipun pekerja tersebut tak mengenai permukaan tanah dalam artisan pekerja tergantung

Full Body Harness

Alat ini didesain untuk melindungi semua bagian penting pengguna yaitu panggul, dada, paha, dan seluruh tubuh pengguna, sehingga lebih aman saat bekerja di ketinggian. Penggunaan body harness dilengkapi D-ring yang terletak pada bagian punggung serta bisa dipasangkan ke lanyard, lifeline, dan komponen lain yang kompatibel lain yang kompatibel dengan body harness

Shock Absorber

Istilah lain alat ini dikenal atau disebut dengan alat penahan jatuh dengan fungsi menahan tubuh pengguna ketika jatuh dari ketinggian, mencegah kerusakan, serta mengurangi kekuatan tekanan pada anchor.

Lanyard

Alat ini adalah tali pendek pengikat yang umumnya berfungsi untuk menahan guncangan bila pekerja terjatuh bebas. Pekerja bisa menggunakan lanyard untuk membatasi guncangan saat jatuh bebas dengan panjang maksimum 1,2 meter

Anchor Point

Setiap pekerja harus memastikan bahwa ancor yang tersambung pada lifeline dan lanyard harus kuat. Posisi anchor diperuntukkan sebagai pelindung atau penahan pekerja dari kemungkinan terjatuh.

Fall arrestor

Alat ini digunakan untuk melindungi pekerja ketika sedang melakukan perpindahan tempat atau bergerak secara vertikal, biasanya berjarak cukup panjang.

LifeLine

Lifeline adalah tali pengaman fleksibel yang terbuat dari serat, kawat, atau anyaman. Lifeline biasanya dikaitkan pada anchor point.

Retractable lifeline

Alat ini harus terpasang pada posisi tubuh dalam keadaan tegak. Dalam Pemilihan APJP yang benar menjadi hal yang penting dipahami para pekerja maupun perusahaan. Keduanya harus mengetahui jenis – jenis alat pelindung jatuh dan alat mana yang cocok digunakan untuk setiap pekerjaan di ketinggian.

Dengan memahami pemilihan pelindung jatuh yang tepat, setidaknya kecelakaan kerja akibat terjatuh pun dapat diminimalkan.

Hubungi team Marketing Kami dengan klik button di bawah ini. Apabila anda sedang membutuhkan pengetahuan lebih mendalam dan anda sedang mencari tempat Training K3 atau Pelatihan K3 yang memiliki Trainner Professional dan Harga yang  SANGAT BERSAHABAT.

DAFTAR SEKARANG    JADWAL TERDEKAT

Royhan Abdul
Royhan Abdul

Hai, I am an SEO Specialist who enjoys working with plans, using my analytical mind and playing with SEO tools. Have a high enthusiasm for work as an SEO Specialist and has been enganged for 2 years.

Articles: 313