pertolongan pertama

Kuasai Pertolongan Pertama untuk Keadaan Darurat!

Rate this post

Setiap keadaan darurat, terutama pada saat kecelakaan kerja, tentu ada korban yang mungkin mengalami cedera, sehingga membutuhkan pertolongan pertama agar tidak semakin parah.

Hal ini biasanya disebut dengan istilah pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) yang mana harus dilakukan untuk membantu menyelamatkan nyawa seseorang.

Langkah ini tidak hanya dilakukan oleh petugas P3K saja, melainkan juga masyarakat biasa. Tujuannya adalah ketika terjadi kecelakaan di sekitar kita, maka kita bisa membantu memberikan pertolongan pertama agar cederanya tidak semakin parah.

Lebih lengkapnya, simak pembahasan di bawah ini!

Pengertian Pertolongan Pertama

pengertian pertolongan pertama

Pertolongan pertama adalah langkah untuk memberikan pertolongan maupun perawatan sementara kepada seseorang yang mengalami cedera pada sebagian anggota tubuhnya.

Langkah ini dilakukan sebelum korban mendapatkan pertolongan dari petugas medis profesional. Hal ini dikarenakan, petugas medis tidak selalu datang dengan cepat untuk menangani korban kecelakaan.

Maka dari itu, pertolongan pertama wajib dilakukan kepada korban yang mengalami cedera akibat kecelakaan atau aktivitas lainnya.

Baca Juga: Cara Melakukan Pertolongan Pertama Pada Perdarahan!

Manfaat Pertolongan Pertama

  1. Membantu menyelamatkan nyawa korban
  2. Mencegah kondisi menjadi lebih buruk
  3. Mempercepat proses penyembuhan 
  4. Mengurangi risiko komplikasi
  5. Mencegah terjadinya cacat

Tujuan Melakukan Pertolongan Pertama

  1. Memberikan pertolongan darurat kepada korban
  2. Membantu meringankan rasa nyeri yang dialami korban
  3. Mencegah cedera semakin parah
  4. Mencegah terjadinya infeksi
  5. Membantu menghentikan perdarahan hebat
  6. Menyelamatkan nyawa korban

Perundang-undangan Tentang Pertolongan Pertama

Terdapat beberapa Undang-Undang atau peraturan yang mengatur tentang pentingnya pelaksanaan pertolongan pertama, terutama di lingkungan kerja.

Tujuan adanya regulasi mengenai pertolongan pertama ini adalah untuk membantu menyelamatkan nyawa seseorang yang sedang dalam kondisi darurat dan membutuhkan bantuan sebelum petugas medis datang.

  • Undang-Undang Republik Indonesia No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  • Undang-Undang Nomor 3 tahun 1969
  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Per-03/Men/1982 tentang Pelayanan Kesehatan Kerja
  • Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Per-15/Men/VII/2008 tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Tempat Kerja

Pentingnya Menguasai Ilmu Pertolongan Pertama

Mungkin, masih banyak yang bertanya-tanya alasan pentingnya menguasai dan mempelajari ilmu pertolongan pertama, padahal bukan petugas P3K.

Mempelajari ilmu pertolongan pertama, tidak hanya bisa dilakukan oleh petugas P3K saja, melainkan semua orang karena dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang. Nah, berikut alasan lengkapnya.

1. Membantu menyelamatkan nyawa

Menguasai ilmu pertolongan pertama merupakan salah satu aspek yang penting karena dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang yang sedang dalam kondisi darurat.

Misalnya, saat dalam kondisi darurat, seperti kecelakaan, perdarahan parah, dan kamu berada di lokasi, maka harus segera memberikan pertolongan pertama agar nyawa korban bisa terselamatkan.

2. Mencegah cedera lebih parah

pentingnya melakukan pertolongan pertama

Selain menyelamatkan nyawa korban, dengan memberikan pertolongan pertama, maka kamu juga membantu mencegah cedera lebih parah.

Hal ini dikarenakan, kamu sudah mengetahui prosedur atau cara yang tepat dalam memberikan pertolongan kepada korban sesuai kondisinya. 

3. Meningkatkan kenyamanan bagi korban

Perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua cedera atau penyakit bisa mengancam keselamatan korban. Terdapat juga beberapa kasus cedera ringan yang tidak begitu parah dan hanya membutuhkan pertolongan dengan memberikan kenyamanan pada korban.

Hal ini biasanya dilakukan dengan cara memindahkan korban dari lokasi yang berbahaya serta memberikan upaya pertolongan agar korban tidak panik.

4. Mengurangi risiko infeksi

Dengan mempunyai ilmu pertolongan pertama, kamu juga dapat membantu korban mengurangi risiko infeksi, loh! Hal ini dikarenakan, kamu bisa memberikan bantuan kepada korban dengan tepat sesuai prosedur.

Misalnya, korban mengalami perdarahan terbuka, maka kamu bisa melakukan pembersihan luka dan menutupnya dengan perban steril. Tentu, ini bisa mengurangi terjadinya risiko infeksi.

Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K)

Melihat pentingnya pertolongan pertama pada korban yang mengalami kecelakaan, maka pelatihan mengenai P3K juga sangat penting.

Pelatihan P3K merupakan sebuah pelatihan yang diberikan kepada individu di sebuah perusahaan sebagai bentuk antisipasi terhadap kecelakaan di tempat kerja. 

Dengan mengikuti pelatihan ini, tentunya mereka bisa memberikan pertolongan pertama kepada korban yang mengalami kondisi darurat serta menyelamatkan nyawanya.

Pelatihan ini wajib diikuti oleh semua tenaga kerja yang bekerja di sektor dengan bahaya dan risiko yang besar, seperti sektor konstruksi, pertambangan, dan lainnya.

Sesuai dengan perundang-undangan yang telah tertulis, seperti UU RI Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Permenkes RI Nomor 23/Birhub/1972 tentang Tugas PMI di Bidang Kesehatan, serta Permenaker RI No. Per-15/Men/VII/2008 tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Tempat Kerja.

Semua regulasi tersebut menjelaskan bahwa pelatihan P3K penting dilakukan, terutama bagi tenaga kerja yang bekerja di sektor penuh bahaya dan risiko.

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengertian serta pentingnya pertolongan pertama pada korban yang mengalami cedera saat kondisi darurat.

Maka dari itu, agar kamu bisa memberikan pertolongan pertama dengan tepat sesuai prosedur, sebaiknya ikuti pelatihan P3K agar mendapatkan teori dan praktiknya secara langsung.

Dalam hal ini, kamu bisa mengikuti pelatihan P3K di PT Mandiri Maha Daya dan dapatkan sertifikasi resmi dari Kemnaker RI yang bisa langsung digunakan untuk bekerja di berbagai sektor industri.

Tunggu apalagi? Ikuti pelatihan P3K di PT Mandiri Maha Daya sekarang juga dan dapatkan berbagai benefitnya!

Atsna Himmatul Aliyah
Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Articles: 34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *