heimlich maneuver

Heimlich Maneuver Sebagai Pertolongan Pertama Saat Tersedak!

5/5 - (1 vote)

Pernahkah kamu mengalami tersedak suatu makanan dan kesulitan untuk mengeluarkannya? Mungkin, sebagian besar di antara kita sudah sering mengalaminya.

Namun, tahukah kamu? Jika kasus tersedak tidak segera di atasi, dapat membahayakan karena bisa merenggut nyawa seseorang. Maka dari itu, segera lakukan upaya pertolongan pertama saat sedang tersedak.

Upaya yang bisa dilakukan adalah menggunakan teknik heimlich maneuver. Singkatnya, heimlich maneuver adalah teknik yang digunakan untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang yang tersedak.

Bagaimana cara melakukan teknik tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Heimlich Maneuver?

apa itu heimlich maneuver

Heimlich maneuver adalah upaya pertolongan pertama yang dilakukan untuk membantu orang yang tersedak dengan cara menekan perutnya secara kuat-kuat.

Upaya tersebut dilakukan dengan gerakan yang menghasilkan tekanan kuat pada perut dan dada seseorang, sehingga benda asing yang tersangkut di tenggorokan bisa dikeluarkan.

Pada awalnya seseorang yang tersedak akan mengalami kesulitan untuk bernapas karena kekurangan oksigen. Setelah dilakukan upaya pertolongan pertama tersebut, maka membuat seseorang bisa kembali bernapas secara normal karena benda asing sudah dikeluarkan.

Teknik ini bisa dilakukan oleh semua orang yang mengalami kondisi tersedak, termasuk pada anak-anak hingga wanita yang sedang hamil.

Dalam hal ini, perlu diketahui gejala atau tanda-tanda seseorang tersedak dan membutuhkan pertolongan pertama adalah tidak bisa berbicara, kesulitan napas, batuk kuat, warna kulit menjadi pucat, dan kesadaran menjadi turun.

Cara Kerja Heimlich Maneuver

Pada intinya, heimlich maneuver adalah gerakan yang dilakukan dengan menekan perut secara kuat terhadap orang yang tersedak untuk membantu mengeluarkan benda asing yang tersangkut di saluran pernapasan.

Dengan begitu, cara kerja heimlich maneuver adalah dengan memberikan dorongan secara cepat dan kuat di bawah tulang rusuk menuju ke atas hingga benda asing yang tersangkut bisa dikeluarkan.

Baca Juga: Apa itu RJP? Ini Pengertian dan Langkah-Langkah Melakukannya!

Cara Melakukan Teknik Heimlich Maneuver

cara melakukan heimlich maneuver

Heimlich maneuver wajib dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang yang sedang tersedak. Tujuannya agar tidak kehabisan oksigen dan kehilangan nyawa. Nah, berikut ini cara melakukan heimlich maneuver:

1. Untuk orang dewasa dan anak-anak

Pertama, untuk menolong orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 1 tahun yang tersedak, maka kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Bantu korban untuk berdiri
  • Posisikan tubuh kamu di belakang korban
  • Namun, jika yang tersedak anak-anak, maka berlututlah di belakangnya
  • Bungkukkan tubuh korban
  • Pukul punggung dengan telapak tangan sebanyak 5 kali
  • Lingkarkan tangan kamu di sekitar pinggang korban
  • Kepalkan salah satu tangan kamu dan letakkan tangan satunya di atasnya
  • Setelah itu, tempatkan di atas pusar korban
  • Tekan kepalan tangan ke perut dan sentakkan ke atas
  • Ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali atau sampai benda asing keluar.

2. Untuk ibu hamil atau penderita obesitas

Sebenarnya, cara melakukan heimlich maneuver pada ibu hamil maupun penderita obesitas hampir sama dengan sebelumnya. Namun, perbedaannya hanya terletak pada posisi melingkarkan serta meletakkan kepalan tangan penolong.

Pada ibu hamil maupun penderita obesitas, kamu harus melingkarkan dan meletakkan kepalan tangan sedikit lebih tinggi, yakni di area tulang dada atau payudara.

3. Untuk diri sendiri

Selanjutnya, jika kamu tersedak dan tidak ada orang di sekitar yang bisa menolong, maka kamu bisa melakukan teknik maneuver heimlich sendiri, loh! Caranya cukup mudah, yakni sebagai berikut:

  • Kepalkan tangan dan letakkan di atas pusar
  • Dorong kepalan tangan ke dalam perut dan gerakkan ke atas sebanyak 10 kali atau sampai benda asing keluar dari tenggorokan
  • Alternatifnya, kamu juga bisa menggunakan punggung kursi untuk menekan perut.

4. Untuk bayi

Selain orang dewasa dan anak-anak, bayi juga bisa mengalami kondisi tersedak, loh! Namun, caranya sedikit berbeda pada umumnya karena masih bayi dan harus hati-hati.

  • Duduk dan topang bayi menggunakan lengan kamu
  • Tengkurapkan tubuhnya di salah satu paha kamu
  • Posisikan kepala bayi agar lebih rendah dari punggungnya
  • Pukul punggung bayi secara pelan-pelan dengan telapak tangan sebanyak 5 kali
  • Namun, jika benda asingnya masih belum bisa keluar, maka posisikan bayi dalam keadaan terlentang
  • Lalu, letakkan 2 jari kamu di tengah tulang dada bayi dan tekan dengan gerakan cepat sebanyak 5 kali
  • Jika benda asing masih belum keluar juga, maka ulangi tindakan tersebut dari awal.

Perlu diperhatikan, heimlich maneuver merupakan langkah pertolongan pertama terhadap orang yang tersedak. Apabila, benda asing belum bisa keluar hingga mengakibatkan orang tersebut pingsan, maka segera minta pertolongan dari tenaga medis profesional.

Ikuti Pelatihan P3K

Pertolongan pertama kepada orang yang mengalami cedera merupakan langkah yang paling penting demi menyelamatkan korban. Namun, tidak semua orang bisa memberikan pertolongan pertama.

Pasalnya, hanya seseorang yang mempunyai keterampilan khusus saja yang bisa melakukannya. Sebab, upaya pertolongan pertama tidak bisa dilakukan sembarangan, harus sesuai dengan prosedur yang ada.

Maka dari itu, segera ikuti pelatihan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan ) untuk membantu memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami cedera, terlebih lagi di lingkungan kerja.

Dengan mengikuti pelatihan P3K, kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan sertifikasi resmi sebagai petugas P3K yang bisa digunakan untuk bekerja.

Baca Juga: Apa itu Petugas P3K? Ini Pengertian, Tugas, dan Syarat Menjadi Petugas P3K

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan cara melakukan teknik heimlich maneuver dengan baik dan benar sesuai prosedur yang telah diterapkan.

Pada intinya, heimlich maneuver adalah upaya pertolongan pertama yang harus dilakukan kepada orang yang tersedak dengan cara memberikan tekanan yang kuat pada perut hingga benda asing bisa keluar.

Dalam hal ini, petugas P3K harus bisa mengetahui cara melakukan heimlich maneuver dengan baik. Tujuannya adalah saat pekerja tersedak, maka mereka bisa membantu dan segera memberikan pertolongan pertama agar tidak kehabisan oksigen serta kehilangan nyawa.

Oleh karena itu, untuk mengetahui proses heimlich maneuver dengan baik sesuai prosedur, maka kamu bisa mengikuti Pelatihan P3K di PT Mandiri Maha Daya. Daftarkan diri kamu sekarang!

Atsna Himmatul Aliyah
Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Articles: 34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *