sio

Cara Mendapatkan SIO Secara Resmi dari Kemnaker!

5/5 - (1 vote)

Perlu kamu ketahui, bahwa seorang operator harus mempunyai surat izin terlebih dahulu agar bisa bekerja di berbagai industri. Tujuannya adalah supaya pekerja mempunyai kemampuan dalam mengoperasikan alat sesuai prosedur yang ada.

Dengan begitu, keselamatan dan keamanan pekerja beserta lingkungan sekitar tetap terjaga. Dalam hal ini, mereka wajib mempunyai Surat Izin Operator (SIO).

Hal ini dikarenakan, surat tersebut menjadi salah satu syarat regulasi yang wajib dipenuhi oleh operator alat berat. Lantas, apa kegunaannya dan bagaimana cara mendapatkan surat izin operator resmi Kemnaker?

Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Apa Itu SIO

 

pengertian SIO

Surat Izin Operator (SIO) adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang sebagai bukti bahwa seseorang sudah memenuhi syarat untuk mengoperasikan alat berat.

Dokumen tersebut wajib dimiliki oleh semua operator alat berat, baik itu excavator, eskalator, crane, atau yang lainnya. Bahkan, secara regulasi juga sudah tertulis, bahwa setiap operator alat berat harus mempunyai surat izin resmi dari Kemnaker.

Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan kepada operator dari kecelakaan kerja yang mungkin terjadi ketika sedang bekerja. Tentu, jika tidak mempunyai kemampuan dan keterampilan khusus sebagai operator, maka keselamatan pekerja akan terancam.

Maka dari itu, surat izin operator sangat penting untuk memastikan keselamatan dan keamanan pekerja di tempat kerja, terlebih di sektor konstruksi, pertambangan, dan manufaktur.

Baca Juga: Apa itu Forklift? Ini Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya!

Kegunaan Surat Izin Operator (SIO)

keguanaan SIO

Seperti yang telah tertulis di Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. PER.09/MEN/2020 Tentang keselamatan dan Kesehatan Kerja Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut mengatakan bahwa surat izin operator berfungsi untuk memberikan perlindungan keselamatan kerja kepada setiap pekerja.

Dengan adanya SIO, kesehatan dan keamanan pekerja akan tetap terjaga, baik dalam hal pembuatan, pemasangan, pemakaian, hingga perbaikan alat berat yang digunakan.

Selain itu, surat izin tersebut juga berfungsi bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan, alat berat yang dimiliki perusahaan selalu terjaga dan terkontrol, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kerja. Tentu, ini membuat perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk pemulihan pekerja yang mengalami kecelakaan.

SIO untuk Operator Apa Saja?

Setiap pekerjaan yang menggunakan alat berat, semua operatornya wajib mempunyai surat izin resmi dari Kemnaker. Nah, berikut ini beberapa jenis operator yang membutuhkan SIO:

  1. Operator Crane
  2. Operator Forklift
  3. Operator Eskalator
  4. Operator Excavator
  5. Operator Bulldozer
  6. Operator Loader
  7. Operator Drilling Rig
  8. Dst

Pentingnya SIO untuk Pekerja Operator

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa surat izin operator mempunyai peranan sangat penting bagi pekerja operator. Berikut beberapa alasannya.

1. Meminimalisir kecelakaan kerja

Kecelakaan di tempat kerja memang tidak bisa dihindari, tetapi bisa diminimalisir. Salah satu caranya adalah dengan memastikan bahwa pekerja memiliki kemampuan dan keterampilan khusus di bidang tersebut, tak terkecuali bagi operator alat berat

Operator yang mempunyai kemampuan khusus yang ditandai dengan bukti berupa surat izin resmi, dapat membantu meminimalisir terjadinya kecelakaan. Hal ini dikarenakan, mereka sudah memahami bagaimana cara kerja yang baik dan aman.

2. Kepatuhan terhadap hukum

Kedua, alasan SIO wajib dimiliki oleh semua operator adalah karena sebagai syarat utama regulasi yang harus dipenuhi oleh perusahaan maupun pekerja.

Dengan mempunyai surat izin tersebut, tentunya pekerja maupun perusahaan sudah mematuhi peraturan hukum terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

3. Profesionalisme operator

Jika operator mempunyai sertifikat resmi Kemnaker, maka menjadi bukti tingkat profesionalisme pekerja serta komitmennya terhadap keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Dengan begitu, ini dapat membantu meningkatkan kredibilitas tenaga kerja di mata klien, manajemen, maupun rekan kerja lainnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Surat Izin Operator Gondola

Cara Mendapatkan SIO yang Resmi Kemnaker

Jika kamu sudah mengetahui betapa pentingnya surat izin operator, maka saatnya untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan suratnya. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti tahapan di bawah ini.

1. Mengikuti pelatihan 

Pertama, hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan SIO resmi Kemnaker adalah mengikuti pelatihan resmi Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3).

Hal ini dikarenakan, PJK3 biasanya sudah bekerja sama langsung dengan Kemnaker RI untuk menyediakan pelatihan operator alat berat, sehingga kamu bisa mengikutinya dan mendapatkan sertifikat resmi.

2. Mengikuti ujian sertifikasi

Selain mengikuti pelatihan, kamu juga harus mengikuti tahapan ujian sertifikasi agar mendapatkan surat izin operator. Ikuti ujian sertifikasi yang sudah disediakan PJK3 dengan beberapa tahapannya, yakni ujian teori dan praktik secara langsung.

Melalui ujian tersebut, perusahaan penyedia jasa baru bisa memutuskan apakah kamu layak untuk mendapatkan surat izin operator atau tidak.

3. Menerbitkan SIO

Jika kamu sudah mengikuti langkah di atas dan dinyatakan layak, maka SIO akan diterbitkan oleh Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) dan sudah resmi dari Kemnaker RI.

Surat tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk bekerja sebagai operator alat berat di berbagai industri sekaligus, mulai dari konstruksi, manufaktur, pertambangan, atau lainnya.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dan cara mendapatkan SIO resmi dari Kemnaker RI yang perlu kamu ketahui. Surat Izin Operator (SIO) merupakan salah satu dokumen resmi dan penting yang wajib dimiliki oleh semua operator agar bisa mengoperasikan alat berat.

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan SIO resmi operator gondola, maka bisa mengikuti pelatihan operator gondola di PT Mandiri Maha Daya dan dapatkan materi serta praktiknya secara langsung!

Atsna Himmatul Aliyah
Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Articles: 34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *