perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2

Ketahui Perbedaan Pelatihan TKPK 1 dan 2

Rate this post

Tenaga kerja yang bekerja pada ketinggian, tentu mempunyai potensi bahaya yang sangat besar. Hal ini kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja juga semakin besar.

Terlebih lagi, jika prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tidak dijalankan dengan baik dan benar, maka potensi terjadinya kecelakaan kerja akan semakin besar.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja, maka setiap pekerja atau tenaga kerja harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu, terutama mengenai TKPK.

TKPK adalah singkatan dari Tenaga Kerja Pada Ketinggian. Dalam hal ini, TKPK adalah salah satu pelatihan yang harus dijalani oleh tenaga kerja yang bekerja pada ketinggian.

Terdapat dua pelatihan, yakni TKPK 1 dan 2 yang mana masing-masing mempunyai tujuan tersendiri. Lantas, apa perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2 ini?

Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Pengertian Pelatihan TKPK

pengertian pelatihan TKPK

Pelatihan TKPK adalah pelatihan yang dirancang khusus untuk memberikan bekal kepada tenaga kerja pada ketinggian. Pelatihan ini akan memberikan berbagai materi dan praktik kepada tenaga kerja untuk bekerja pada ketinggian dengan mengutamakan keselamatannya.

Pelatihan TKPK telah tertuang pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 9 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Pekerjaan Pada Ketinggian.

Adanya pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan bagi pekerja dalam menjalankan pekerjaannya pada ketinggian.

Dengan begitu, pekerja bisa mengurangi potensi bahaya atau risiko kecelakaan di tempat kerja. Tentu, ini dapat meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan pekerja di mana saja mereka bekerja.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika pelatihan TKPK terdapat dua kategori, yakni TKPK 1 dan 2. Pelatihan TKPK 1 merupakan tahapan atau sertifikasi pertama yang harus dimiliki oleh pekerja mengenai K3 dalam ketinggian.

Pelatihan TKPK 1 dibawakan oleh instruktur yang mana terdiri dari akademisi, praktisi, serta pihak Kemnaker RI serta berlangsung 5 hari.

Sementara itu, TKPK 2 merupakan program pelatihan yang dikhususkan bagi pekerja yang sudah mempunyai sertifikasi serta lisensi TKPK tingkat 1.

Baca Juga: Prosedur Bekerja di Ketinggian yang Harus Diterapkan!

Perbedaan Pelatihan TKPK 1 dan 2

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa terdapat beberapa perbedaan pelatihan antara TKPK tingkat 1 dan 2. Untuk mengetahuinya, berikut penjelasannya.

1. Durasi Pelatihan

Pertama, perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2 terletak pada durasi pelatihannya. Dalam hal ini, TKPK 1 yang mana pelatihan pada ketinggian lebih rendah mempunyai durasi latihan lebih sering. Tujuannya adalah untuk membantu pekerja menyesuaikan tubuh dengan beban kerja.

Sementara itu, TKPK 2 yang mana pelatihan dengan ketinggian lebih tinggi dan menantang mempunyai durasi latihan lebih singkat serta istirahat lebih sering. Bahkan, frekuensi latihannya juga lebih rendah dengan tujuan memberikan pemulihan yang cukup.

2. Materi Pelatihan yang Diberikan

Perbedaan kedua adalah terletak pada materi pelatihan yang diberikan untuk TKPK 1 dan 2. Dalam TKPK 1, materi yang diberikan justru lebih banyak dibandingkan tingkat 2.

Biasanya, TKPK 1 diberikan materi antara lain: perihal undang-undang K3 pada ketinggian, identifikasi bahaya, penerapan prinsip fall factor dalam akses tali, simpul dan angkur dasar, teknik pemanjatan, dan sebagainya.

Kemudian, untuk TKPK 2 materi yang diberikan adalah mengenai teknik penyelamatan korban, sistem jalur penambat tingkat lanjut, penentuan zona khusus terbatas, evaluasi teori dan ujian.

3. Tujuan Pelatihan TKPK 1 dan 2

perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2

Selanjutnya, perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2 terletak pada tujuannya pelatihannya. Pelatihan TKPK 1 pada ketinggian lebih rendah sering digunakan untuk membangun kekuatan, ketahanan, serta keterampilan olahraga dasar.

Selanjutnya, TKPK 2 yang fokus pelatihannya pada ketinggian lebih tinggi bertujuan untuk meningkatkan performa atlet pada ketinggian, seperti latihan atlet yang bersiap menghadapi kompetisi di pegunungan.

4. Syarat Utama

Perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2 berikutnya adalah mengenai persyaratan untuk mengikuti pelatihannya. Dalam hal ini, perbedaan signifikan pada TKPK 1 dan 2 terletak pada jam pelatihannya.

Di mana, jam pelatihan TKPK 1 adalah 1000 jam kerja, sedangkan TKPK 2 sebanyak 500 jam kerja yang harus ditempuh oleh para peserta.

5. Tugas dan Tanggung Jawab

Selain pembahasan di atas, perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2 terletak pada tugas serta tanggung jawabnya. Pelatihan TKPK 1 bertugas dengan fokus untuk membuat angkur di bawah pengawasan tenaga kerja tingkat 2 serta melakukan pertolongan diri sendiri jika terjadi kecelakaan.

Sementara itu, tugas TKPK 2 antara lain membuat angkur secara mandiri, mengawasi tenaga kerja pada ketinggian tingkat 1, mengawasi kinerja tenaga kerja pada ketinggian tingkat 1, serta melakukan pertolongan pertama jika terjadi keadaan darurat terhadap rekan satu tim.

Baca Juga: APD Bekerja di Ketinggian yang Harus Digunakan!

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai beberapa perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2 yang perlu kamu ketahui, terutama bagi pekerja ketinggian agar tidak terjadi kesalahan saat ingin mengikuti pelatihannya.

Pada dasarnya, pelatihan TKPK 1 dan 2 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai K3 pada ketinggian kepada tenaga kerja yang bekerja di ketinggian.

Kemudian, perbedaan pelatihan TKPK 1 dan 2 terletak pada durasi pelatihan, materi pelatihan yang diberikan, tujuan pelatihan, syarat utama, serta tugas dan tanggung jawabnya.

Tentu, pelatihan TKPK 1 dan 2 sangat penting bagi tenaga kerja pada ketinggian. Maka dari itu, jika kamu belum mempunyai sertifikat Tenaga Kerja pada Ketinggian bisa mengikuti pelatihan TKPK 1 dan 2 di PT mandiri Maha Daya.

Atsna Himmatul Aliyah
Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Articles: 34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *