flyer berwarna biru untuk artikel tugas dan cara menjadi hse staff

Wajib Diketahui, Inilah Tugas dan Cara Menjadi HSE Staff!

4/5 - (3 votes)

Perlu Anda pahami, jika Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu aspek paling penting dalam berbagai industri. Tak heran, jika dibutuhkan banyak petugas atau tenaga profesional untuk menjalankan dan menerapkan standar K3 di sebuah industri.

Salah satu tenaga profesional yang dibutuhkan dalam dunia K3 adalah HSE Staff. Health, Safety, and Environment (HSE) sendiri merupakan sebuah divisi dalam industri yang bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja.

Sementara itu, HSE staff merupakan seorang individu atau tim yang memiliki tugas untuk membantu menjalankan dan menerapkan standar K3 di lingkungan operasional perusahaan atau industri.

Lebih lengkapnya, simak pembahasan berikut ini, ya!

Apa itu HSE Staff?

HSE Staff adalah sebuah tim yang bertugas menjadi seorang asisten Safety Officer dan bertujuan untuk membantu menjalankan misi perusahaan dalam menerapkan program K3.

Dengan kata lain, staff HSE mempunyai peranan yang cukup penting  bagi sebuah industri atau perusahaan dalam menjalankan program K3. Hal ini dikarenakan, mereka akan bertugas untuk membantu berbagai tanggung jawab seorang Safety Officer.

Jika tidak ada staff HSE, maka tugas dan tanggung jawab seorang Safety Officer tidak bisa berjalan dengan maksimal. Dalam hal ini, Safety Officer merupakan seseorang yang bertugas untuk memastikan bahwa semua kegiatan di perusahaan berlangsung dengan aman dan sehat bagi seluruh pekerja.

Kemudian, untuk HSE staff adalah individu atau tim yang bertugas untuk mengcover ranah administrasi seorang Safety Officer. Biasanya, staff HSE juga dikenal dengan sebutan Safety Admin karena memiliki tugas untuk membantu Safety Officer dalam ranah administrasi.

Kendati demikian, tugas seorang staff HSE tidak hanya di dalam ranah administrasi saja, melainkan juga mencakup peran di lapangan untuk membantu menerapkan prosedur K3 bagi perusahaan.

Daftar Pelatihan AK3U KEMNAKER di sini

Tugas HSE Staff

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu HSE staff, maka selanjutnya harus memahami terkait pembagian tugasnya dalam sebuah industri. Berikut penjelasannya.

1. Melakukan identifikasi bahaya

Pertama, tugas HSE staff adalah membantu melakukan identifikasi bahaya. Dalam hal ini, mereka harus melakukan inspeksi dan audit secara rutin di tempat kerja untuk mengidentifikasi potensi bahaya.

Dengan begitu, para pekerja bisa terhindar dari risiko yang membahayakan saat sedang melakukan pekerjaan. Tentu, identifikasi ini sangatlah penting untuk menerapkan program K3 di sebuah industri.

2. Penilaian dan evaluasi risiko

Selanjutnya, jika potensi bahaya sudah diidentifikasi, maka staff HSE bertugas untuk melakukan penilaian dan evaluasi risiko. Tujuannya adalah untuk merencanakan dan mengambil tindakan pencegahan yang efektif untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja.

3. Menyusun laporan

Tugas seorang staff HSE yang tidak boleh ditinggalkan adalah perihal penyusunan laporan yang akan diserahkan kepada Safety Officer maupun pihak tertentu. Laporan ini bisa dalam bentuk administrasi maupun harian, mingguan, dan bulanan.

Biasanya, laporan yang diberikan oleh staff meliputi hasil inspeksi yang telah dilakukan, dokumentasi kegiatan, HSE meeting, dan sebagainya.

4. Melakukan pencatatan kelengkapan APD

Berikutnya, staff HSE dalam sebuah industri juga memiliki tugas untuk mencatat kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang akan digunakan oleh pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya.

Pencatatan tersebut meliputi APD yang baru masuk hingga yang sudah rusak sekalipun. Bahkan, mereka juga wajib melakukan pencatatan segala keperluan APD untuk kedepannya.

5. Membuat agenda proyek perusahaan

Selanjutnya, tugas staff HSE adalah merancang, merencanakan, dan mengelola berbagai kegiatan maupun program yang bertujuan untuk menerapkan serta meningkatkan standar K3 di perusahaan.

Tugas ini juga meliputi koordinasi dan implementasi kegiatan, evaluasi dan monitoring, serta menyusun laporan terkait kegiatan yang sudah dijalankan.

Baca Juga : Apa Itu HSE Officer? Ini Skill, Tugas, dan Cara Menjadi Seorang HSE! 

Cara Menjadi HSE Staff

Tugas yang dijalankan oleh staff HSE sangatlah kompleks, sehingga tidak bisa sembarangan orang bisa menjalankan peran ini. Dengan begitu, dibutuhkan pendidikan, keterampilan, keahlian, dan pengalaman khusus di bidang K3.

Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi staff HSE di sebuah industri ternama, sebaiknya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Mengikuti pendidikan akademik di bidang K3 

Langkah pertama, Anda bisa mengikuti pendidikan akademik di bidang K3 agar bisa menjadi seorang staff HSE. Hal ini dikarenakan, biasanya staff HSE memerlukan gelar sarjana di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) karena sudah mendapatkan ilmu maupun teorinya.

2. Mengikuti pelatihan atau sertifikasi resmi

Kedua, jika Anda tidak bisa mengikuti pendidikan akademik, maka bisa mencoba untuk mengambil program pelatihan atau sertifikasi resmi ahli K3 umum. Tujuannya adalah agar Anda bisa mempunyai pengetahuan dan keterampilan khusus terkait program K3 di sebuah industri.

3. Mencari pengalaman kerja di bidang K3

Selanjutnya, jika Anda sudah melaksanakan dua tahapan di atas, maka bisa mencoba untuk mencari pengalaman kerja di bidang K3, baik itu magang maupun posisi entry-level. Hal ini dikarenakan dapat membantu Anda untuk menambah pengetahuan dan keahlian di bidang K3 secara real.

4. Mengasah kemampuan

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengasah berbagai kemampuan. Mulai dari kemampuan komunikasi, analisis dan penilaian risiko, identifikasi potensi bahaya, dan strategi yang tepat untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Hal ini dikarenakan, semua kemampuan tersebut harus dimiliki oleh setiap individu jika ingin bekerja menjadi seorang staff HSE. 

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, tugas, hingga cara menjadi HSE Staff yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, staff HSE adalah seorang individu atau tim yang bertugas untuk membantu menjalankan dan menerapkan program K3 di sebuah perusahaan atau industri.

Maka dari itu, pengetahuan dan keterampilan di bidang K3 harus dimiliki oleh staff HSE. Tujuannya agar mereka bisa menjalankan dengan baik berbagai tugas dan tanggung jawab yang diberikan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi staff HSE di sebuah industri ternama, maka sebaiknya ikuti pelatihan dan sertifikasi resmi dari PT Mandiri Maha Daya. Hal ini dikarenakan, perusahaan kami telah ditunjuk resmi oleh Kemnaker RI untuk memberikan pelatihan terkait bidang K3 bagi seluruh masyarakat Indonesia. Yuk, daftar sekarang dengan klik button di bawah ini karena sedang ada PROMO EARLY BIRD POTONGAN HINGGA 1 JUTA!!

 

DAFTAR SEKARANG    JADWAL TERDEKAT

Royhan Abdul
Royhan Abdul

Hai, I am an SEO Specialist who enjoys working with plans, using my analytical mind and playing with SEO tools. Have a high enthusiasm for work as an SEO Specialist and has been enganged for 2 years.

Articles: 313

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *